Celebrity Branding: Personal Branding Gubernur DKI Jakarta-Indonesia

Gubernur DKI Jakarta sekarang, yaitu Joko widodo, mungkin saat ini adalah satu-satunya gubernur yang dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. Ini berbeda dengan gubernur-gubernur lain yang hanya dikenal di wilayah propinsinya sendiri, sedangkan masyarakat di propinsi lain tidak mengenalnya.

Sosok Joko Widodo atau lebih terkenal dengan sebutan Jokowi merupakan contoh sukses personal branding dan strategi marketing di dunia politik. Personal branding yang biasanya mengedepankan talenta seseorang untuk menarik penggemar, kini pendefinisiannya diperluas lagi oleh Jokowi. Jokowi meningkatkan personal branding dengan cara menunjukkan bahwa dirinya dapat dekat dengan rakyat. Inti daripersonal branding Jokowi adalah tentang mendekatkan hati, berbicara dengan hati, dan bekerja dengan hati.

Dari sisi marketing, Jokowi memasarkan dirinya melalui terobosan-terobosan kebijakan yang pro rakyat dan terkadang berseberangan dengan kebiasaan. Jokowi memperjelas pernyataan bahwa marketing yang unik dan berbeda akan memberikan efek yang luar biasa. Jika personal brand Joko Widodo tetap konsisten berada di hati rakyat, maka bukan tidak mungkin ia akan menjadi Presiden Republik Indonesia.

0 comments:

Post a Comment